Rabu, 07 Oktober 2009

Memilih Motherboard


Ada beberapa produsen motherboard.seperti Asus, Gigabyte, Abit, MSI dan Nvidia. Dua merek motherboard terbesar adalah Gigabyte dan Asus.

Motherboard ini memiliki banyak fitur yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya. Pertama, anda perlu mempertimbangkan apa komponen-komponen yang akan Anda gunakan.
Apakah Anda memilih prosesor Intel atau AMD? Ini akan sangat mempengaruhi pilihan motherboard. Intel dan AMD menggunakan soket yang berbeda dan tidak kompatibel satu sama lain.

Selanjutnya, pikirkan apakah Anda memerlukan kartu grafis. Jika Anda hanya menggunakan program-program sederhana, maka Anda kemungkinan besar tidak memerlukannya. Belilah  motherboard dengan VGA onboard. Tapi VGA onboard akan menggunakan RAM komputer Anda. Inilah sebabnya mengapa gamer tidak menggunakan VGA onboard. Itu akan makan terlalu banyak RAM.

RAM, Anda juga perlu memikirkan apakah Anda ingin memakai DDR2 atau DDR3 RAM. DDR3 RAM lebih mahal padahal tidak terlalu meningkatkan kinerja. Jadi bukan suatu keharusan tetapi untuk prosesor i7, DDR3 menjadi keharusan.

RAM, Anda juga perlu memikirkan apakah Anda ingin memakai DDR2 atau DDR3 RAM. DDR3 RAM lebih mahal padahal tidak terlalu meningkatkan kinerja. Jadi bukan suatu keharusan tetapi untuk prosesor i7, DDR3 menjadi keharusan.

Motherboard juga memiliki konektor internal untuk USB, Firewire, dan Audio. Beberapa ada yang mendukung HD Audio, ada juga yang tidak mendukung Firewire. Anda harus memeriksa bahwa jumlah dan jenis konektor sesuai dengan kebutuhan Anda.

Faktor lain untuk dipertimbangkan adalah jenis Hardisk. Apakah menggunakan SATA atau IDE. Ini adalah dua jenis yang berbeda yang digunakan oleh Hardisk. SATA adalah keluaran baru yang lebih cepat berjalan di 3Gb/s. Beberapa motherboard tidak memiliki port IDE, Ada juga yang punya port SATA dan IDE sekaligus. Kebanyakan motherboard mempunyai setidaknya 4 port SATA, ada juga yang lebih.

Prosesor pilihan anda juga akan mempengaruhi apa motherboard yang Anda beli. Anda perlu memeriksa soket pada motherboard apakah mendukung front side bus (FSB). Sebuah prosesor seperti Intel E6600 2.4GHz membutuhkan FSB 800Mhz. Ini berarti bahwa motherboard yang mendukung maksimum FSB 667MHz tidak akan kompatibel dengan prosesor E6600.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar