Senin, 05 Oktober 2009

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Processor untuk Komputer Anda

Processor sering dianggap sebagai otak komputer. Ini adalah sebuah chip kecil yang memproses semua informasi melalui komputer.

Ada dua versi prosesor yang dijual dipasaran, yaitu Box dan Tray. Versi box dilengkapi dengan sebuah heatsink (Heatsink membantu mendinginkan prosesor) dan garansi pabrik. Versi Tray biasanya tidak dilengkapi dengan heatsink, dan garansi toko biasanya hanya 30 hari.

Ada dua produsen utama Processor, yaitu Intel dan AMD.

Akhir-akhir ini, Intel telah memproduksi beberapa prosesor yang paling kuat dan sudah tersedia dipasaran. Diantaranya prosesor Intel Core 2 Quad QX9650 yang merupakan prosesor quad core saat ini, biaya sekitar $1200. Dengan frekuensi 3GHz yang merupakan prosesor yang sangat cepat. Intel telah membuat banyak dual-core Processor juga. Terbaru adalah seri E8xxx yang menggunakan proses fabrikasi 45nm baru. Produk Intel yang cukup murah untuk prosesor dual core mungkin adalah E8400 yang hanya $200 dengan frekuensi 3GHz. Ini merupakan harga gila-gilaan. Harga terbaik dari quad core prosesor masih dipegang Q6600 yang kini dapat didapatkan kurang dari AUD $300 dengan frekuensi 2.4GHz.

AMD adalah produsen terbesar kedua Processor. Prosesor mereka tidak secepat Intel, tapi menawarkan harga lebih murah.

Prosesor terbaik mereka adalah Phenom quad core 2.4Ghz biaya sekitar $230. AMD juga menawarkan produk bagi mereka yang tidak mau menghabiskan uang dalam jumlah banyak untuk komputer, namun tetap ingin kinerja yang baik. Mereka menjualnya dengan harga mulai dari AUD $140.

Jadi, Intel atau AMD? Terserah selera Anda...

1 komentar:

  1. Sankyuu Jangan Lupa Kunjungi Blog saya ^^
    http://aikawafaith.blogspot.com/

    BalasHapus