Senin, 05 Oktober 2009

Membeli Processor Komputer [Intel Vs AMD]

Ada dua produsen besar CPU terkemuka disaat ini: AMD dan Intel. Keduanya cukup populer sehingga sulit membuat keputusan untuk memilih salah satunya. Beberapa faktor yang dapat membantu untuk mempertimbangkan ketika membandingkan dua merek besar tsb, yaitu harga, kinerja, umur, dan potensi overclocking.

Harga

Perbedaan harga antara Intel dan AMD selalu berfluktuasi. Anda dapat secara aktif mengikuti tren dan perkembangan komputer. Setiap kali teknologi CPU baru ditemukan dan diperkenalkan Intel atau AMD, harga generasi sebelumnya dari prosesor mereka akan turun. Secara umum harga AMD lebih murah dibanding Intel.

Kinerja

Kinerja CPU sebagian besar bergantung pada generasi prosesor. Ada suatu masa ketika AMD menguasai PC gaming tapi sejak Intel merilis Core 2 Duo processor, teryata lebih cepat dan lebih stabil dari AMD prosesor pada harga yang sangat terjangkau. Intel saat ini raja CPU berkinerja tinggi, terutama dengan teknologi terbaru yaitu teknologi Quad Core.

Umur

Prosesor AMD biasanya lebih panas saat menjalankan aplikasi game dan beberapa perangkat lunak grafis. Sering kali, fitur pendinginan standar tidak cukup untuk melindungi prosesor AMD dari kerusakan akibat overheating. Intel Core 2 Duo di sisi lain menunjukkan toleransi terhadap panas luar biasa bahkan dengan standar heat sink dan fan. Masa pakai CPU tidak benar-benar seperti masalah besar karena rata-rata pengguna komputer umumnya meng-upgrade komputernya setiap tiga tahun atau lebih.

Potensi Overclocking


Hanya hardcore gamer dan pengguna multimedia berat dapat berhubungan dengan overclocking CPU. Melibatkan overclocking CPU dengan kecepatan lebih besar dari spesifikasinya. Sebagai contoh, adalah untuk overclock Intel E6600 dari 2.4GHz ke 3.2GHz. Itu adalah menaikan kecepatan 800MHz! Secara umum, overclocking CPU dapat meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan. Untuk saat ini, banyak prosesor Intel memiliki potensi overclocking yang lebih besar daripada prosesor AMD.

Seperti disebutkan sebelumnya, Anda harus terus mengikuti update terbaru dari Intel dan AMD untuk mendapatkan yang terbaik di pasar prosesor. Saat produsen CPU merilis sebuah produk baru, Anda dapat mengharapkan penurunan besar harga-harga dari CPU generasi sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar